Kamis, 22 November 2012

TEKNIK PENGGUNAAN ALAT DAN STERILISASI ALAT



Sterilisasi merupakan proses atau kegiatan membebaskan suatu bahan atau benda dari semua bentuk kehidupan seperti, kuman, debu, virus, jamur, bakteri dan radikal bebas lainya. Sterilisasi pembakaran adalah kegiatan membebaskan suatu bahan atau benda dengan menggunakan panas api. Dengan menggunkan suhu panas api maka kita dapat mensterilisasikan atau membebaskan suatu benda dari radikal bebas.
Berbeda dengan sterilisasi pembakaran, sterilisasi ini menggunakan oven akan tetapi tujuanya sama yaitu membebaskan benda atau bahan dari mikroba yang ada di sekelilingnya.
Oven merupakan alat sterilisasi dengan udara panas kering, biasanya alat-alat yang disterilkan dalam oven biasanya yang terbuat dari kaca. Suhu yang biasa digunakan dalam mensterilkan alat kira-kira 60-180 derjat C.
Istilah mikroskop berasal dari bahasa Yunani, yaitu kata micron yang berarti kecil dan scopos yang artinya tujuan. Dari dua pengertian tersebut, mikroskop dapat diartikan sebagai alat yang dibuat atau dipergunakan untuk melihat secara detail obyek yang terlalu kecil apabila dilihat oleh mata telanjang dalam jarak yang dekat. Ilmu yang mempelajari benda kecil dengan menggunakan alat ini disebut mikroskopi, dan kata mikroskopik berarti sangat kecil, tidak mudah terlihat oleh mata.
Mikroskop saat ini sudah berada dalam era teknologi tinggi dan perananya makin sangat berguna dalam bidang medis terutama dalam miroorganisme.
Untuk menggunakan mikroskop terlebih dahulu kita akan melalu langkah-langkah yang akan dijelaskan dalam prosedur kerja.
Pewarnaan mikroba sangat bergantung dengan sediaan mikroskopik ini, maka dari itu perlu ketelitian untuk medapat hasil yang diharapkan.



DAFTAR PUSTAKA

Tiner, John Hudson. Exploring The History of Medicine, Arkansas. Mater Books Inc.
Tim Penyusun “Penuntun Praktikum Mikrobiologi dan Parasitologi” 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar